bYgtU607MamAfUSJI7TW8JHZDEY

Saturday, August 3, 2013

Mengapa Pemilik Toko Online Perlu Berbisnis Menggunakan Pinterest?


Media sosial Pinterest memang belum sepopuler Facebook atau Twitter. Alasannya, media sosial berbasis konten gambar dan foto ini muncul selang beberapa tahun setelah Facebook dan Twitter. Meskipun demikian, bukan berarti Pinterest tidak bisa memberikan seller keuntungan dalam berbisnis online.
Warren Knight, pendiri e-commerce Gloople, menyebutkan empat alasan mengapa seller harus menggunakan Pinterest saat berbisnis online.
  • Gambar yang reusable. Gambar atau foto produk yang diunggah oleh seller dapat di-repin oleh buyer. Yang menarik, gambar ini dapat disebarluaskan tanpa mengubah isi dalam gambar tersebut. Dengan kata lain, jika seller mengunggah gambar produk yang berisi merek atau nama toko online-nya, maka gambar yang sama akan dilihat oleh orang banyak ketika di-repin. Dampaknya, semakin banyak orang yang melihat merek atau nama toko online yang tertera dalam gambar. Ini adalah strategi branding yang baik
    .
  • Fungsi board. Fitur board yang disediakan oleh Pinterest membuat seller dapat mengkategorikan foto-foto produk sesuai karakteristiknya masing-masing. Dalam board, seller dapat mengelompokkan produk berdasarkan fungsi, harga, warna, dan spesifikasi yang dijual di toko online. Board memudahkan buyer untuk menentukan produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhannya
    .
  • Konten non-bisnis. Sebagai media sosial berbasis konten visual atau gambar, Pinterest bukan hanya merupakan media untuk mengunggah foto produk semata. Seller dapat mengunggah foto non-bisnis, seperti kutipan, komik, atau karikatur, yang berkaitan dengan bidang bisnis yang dijalaninya. Konten non-bisnis memang tidak meningkatkan penjualan secara langsung. Namun, konten semacam ini menarik dan bermanfaat bagi buyer. Selain itu, kedekatan atau engagement antara buyer dan seller juga akan terjalin.

  • Konten personal. Melalui akun Pinterest untuk bisnis, seller dapat membuat satu board yang berisi segala hal tentang dirinya. Informasi personal ini bisa dimuat dalam board tersendiri sehingga seller bisa menceritakan hal pribadi mengenai dirinya. Board ini semacam profil atau biografi seller. Informasi personal penting agar buyer tahu dengan orang seperti apa ia akan bertransaksi.

No comments:

Post a Comment