bYgtU607MamAfUSJI7TW8JHZDEY

Wednesday, August 14, 2013

Strategi dan Trik promosi Bisnis di Internet


EMAIL MARKETING

Hebatnya E-mail
      
 Para pemilik situs web umumnya mengira bahwa mereka dapat menghasilkan
penjualan hanya dengan mengandalkan situs web mereka saja, mereka sedikit
mengabaikan betapa e-mail dapat mendatangkan penjualan di luar perkiraan
mereka.
      
 Hal ini terlihat cukup banyak pemilik situs web di Indonesia yang tidak
memanfaatkan fungsi e-mail mereka secara maksimal, umumnya mereka memiliki
situs web hanya sekadar menampilkan profil perusahaan, produk, barang atau jasa
yang mereka berikan, padahal sekarang trend-nya adalah bahwa para peselancar di
dunia maya adalah mereka yang ingin mencari informasi.
        
Anda ingat seorang salesman tradisional? sulit bagi mereka menjual produk
hanya mengandalkan brosur saja bukan! Karena itu komunikasi oral yang baik
diperlukan dalam berinteraksi dengan calon prospek, lead, kastemer, mau mitra
bisnis. E-mail juga adalah sarana untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan
mereka, E-mail juga dapat digunakan sebagai sarana semacam Call Center yang
dapat secara otomatis dan cepat menjawab pertanyaan prospek, lead, kastemer
atau pun mitra bisnis. Namun kebanyakan para pemilik e-mail memiliki
kecenderungan bahwa mereka menggunakannya sebagai sarana komunikasi biasa,
alat korespondensi yang cepat dan ekonomis, dan sarana pengirim barang digital.
       
Metode komunikasi dalam bidang marketing sebenarnya memiliki dalam tiga
(3) bentuk/jenis, yaitu 
  1.  komunikasi oral,
  2.  komunikasi visual, 
  3.  Komunikasi
 tekstual, karena itu mengapa tidak memanfaatkan bentuk yang ketiga untuk
memupuk kepercayaan prospek, dan berinteraksi dengan mereka di dunia maya?
 
Maka tantangannya:

Sudahkah Anda yakin bahwa e-mail dapat memberikan keuntungan finansial 
bagi usaha Anda?
 
Apakah Anda memiliki kecenderungan untuk bergegas dalam menjawab e-
mail dari pengunjung situs web Anda?
 
Apakah Anda telah menggunakan e-mail dengan metode "e-mail marketing"?
 
Bila jawaban dari ketiga pertanyaan tersebut adalah belum atau tidak, maka cepatan
agar kompetitor Anda tidak mendahului dan mengambil "market share" dari
produk/bisnis Anda!.
 
Konsep dari TARGETED EMAIL MARKETING?
       
Banyak perusahaan dan organisasi menggunakan email marketing untuk
emberikan informasi via email kepada kastemer, klien, mitra bisnis, prospek, dan
para langganannya. Istilah email marketing mengacu ke seluruh perangkat proses, 
strategi pemasaran dan pesan email, data, dan teknologi yang memungkinkan
komunikasi ini.

Email marketing kadang-kadang memang disalahartikan yaitu mengacu pada
suatu tindakan mengirimkan pesan-pesan pemasaran yg terus terang atau blak-
blakan via email karena memang murah yang disebut juga bulk email atau
unsolicited email/spamming. Akan tetapi, email marketing dapat mencakup
komunikasi apa pun yang dikirimkan melalui email oleh suatu perusahaan atau
organisasi. Suatu perusahaan yang mengirim email yang berisi target penjualan dan
pemasaran yang dihubungkan dengan setiap pesan email. Namun sebaliknya
daripada sekadar berbunyi "beli sekarang!", pesan-pesan email tersebut dapat
dimanfaatkan untuk memupuk suatu hubungan komunikasi bisnis jangka panjang
dengan kastemer.
 
 Penjelasan berikut melukiskan pada berbagai sifat dari email marketing. Agar
lebih enak, saya memilih menggunakan kata kastemer untuk mengacu ke klien,
mitra bisnis, prospek, langganan, dan siapa pun yang dikirimi komunikasi via email
oleh suatu perusahaan.

Contoh dari Email Marketing
      Sebelum kita masuk ke penjelasan yang lebih terperinci, saya akan mengajak
Anda dahulu melihat suatu contoh dari program email marketing yang ada. Program
email marketing tersebut adalah program yang dibuat oleh CDNow. Nah silahkan
Anda masuk ke situs web CDNow.

CDNow adalah perusahaan online yang bergerak di bidang musik retail.
Kastemer dapat mendaftarkan diri mereka pada situs web CDNow untuk
mendapatkan berita musik secara berkala, ataupun penawaran khusus. Pada waktu
kastemer mengisi formulir yg terdapat di situs web tersebut, mereka dapat mengisi
pilihan seperti musik apa yang mereka sukai, jenisnya dan frekuensi komunikasi via
email yang mereka kehendaki per minggu atau per bulan, dan informasi lainnya.
Karena itu secara tetap tentu, CDNow mengirimkan pesan-pesan email personalisasi
berdasarkan informasi ini. Misalnya, seorang kastemer yang menyatakan minatnya
pada dunia musik dan rilis baru akan menerima pesan-pesan email tinjauan dari
album musik baru dari seluruh dunia.

Bukan Spam, Namun Sudah Mendapat Persetujuan (permission-based)

Salah satu sifat utama dari email marketing adalah atas dasar
persetujuan/izin. Kastemer secara terus terang melakuan registrasi ("opt-in") untuk
menerima pesan email. Setelah registrasi, resipien pun dapat berhenti keluar dari
"opt-in" tersebut (unsubscribe). Sifat inilah yang membedakannya dari unsolicited
email, yang secara umum disebut sebagai spam. Email marketing adalah suatu
aktivitas mengirimkan pesan-pesan komunikasi yang dilakukan oleh suatu organisasi
kepada mereka yang mau mendengarkan atau siap menerima berita dari organisasi
tersebut.
 
Tujuan dari Email Marketing
       Tujuan keseluruhan dari email marketing adalah untuk membangun suatu
kemitraan antara suatu organisasi dengan para kastemernya di mana kedua belah
pihak mendapatkan manfaat timbal balik dari pertukaran informasi ini. Program
email marketing yang berhasil adalah program yang memenuhi kedua tujuan dari
organisasi tersebut maupun kebutuhan dan keinginan dari para kastemernya.

Agar berhasil suatu organisasi harus membangun dan memperkuat hubungan
komunikasi bisnisnya dengan para kastemernya. Hal ini tentu saja menggunakan
media komunikasi khususnya email karena lebih efisien, cepat, dan biaya lebih
terjangkau untuk mempromosikan suatu merek, mendapatkan kastemer,
mempertahankan suatu bisnis, dan saling menjual produk. Dan sekaligus hal ini
dapat memenuhi tujuan kuantitatif seperti meningkatkan jumlah pengunjung,
kastemer baru dan pendapatan tentu saja.

Program email marketing yang berhasil memastikan bahwa komunikasi yang
keluar itu harus sesuai dengan kebutuhan dan keingian dari para kastemer. Tujuan
spesifik dari para kastemer bisa jadi memang bervariasi. Tujuannya bisa jadi mulai
dari menerima informasi yang bersifat menghibur, atau berhubungan dengan karir
pekerjaan, atau suatu advis mengenai suatu topik tertentu yang menjadi minat
mereka. Kemudian peraturan apa yang jangan dilupakan dalam melakukannya? dan
apakah perusahaan Anda harus melakukannya? Ini akan dibahas pada edisi
berikutnya.
 

Menulis email penjualan yang berdaya tarik
       
Email penjualan dapat menjadi cara yang dahsyat dalam menyampaikan
pesan anda. Mail box saya terus-menerus terisi dengan “junk mail”, demikian kata
banyak orang. Seorang teman memberitahu saya bahwa ratusan pesan email yang
tak diundang dating setiap hari.
        
Mengapa begitu banyak pelaku bisnis - baik yang berskala besar maupun
kecil - menggunakan email? Sederhana saja. Email dapat langsung ditulis dengan
cepat, berhasil dengan baik.
 
Inilah alasannya
       
Email adalah bentuk komunikasi yang sangat pribadi. Bahkan ketika Anda
mengetahui bahwa surat yang sama dikirimkan ke ribuan orang, email tersebut
masih terasa seperti tulisan pribadi dari seorang teman.
       
Orang-orang yang mempunyai kemampuan yang bagus dalam menulis email
penjualan mengetahui hal ini dan menggunakannya. Mereka berupaya sebaik
mungkin untuk menciptakan suatu ikatan pribadi antara email tersebut dan
resipiennya.
 
Email penjualan Anda harus berbicara secara intim dengan pembacanya. Bercakap-
cakap secara tidak resmi dengan kalimat-kalimat pendek dan kata-kata sederhana.
Buatlah pembaca SEGERA dengan mudah mengerti apa yang Anda tawarkan.
      
 Kebanyakan orang hanya akan melihat sepintas selama tiga detik pertama
terhadap email Anda sebelum memutuskan untuk membacanya lebih jauh atau
menghapusnya.

Buatlah tawaran Anda menarik dan tonjolkan di pembuka dengan tepat.

Lima rumus dahsyat untuk email penjualan
        
Salah satu dari hal-hal yang hebat dari surat langsung (direct mail) - biasa
maupun elektronik - adalah bahwa Anda mendapatkan respon yang segera dan
dapat ditindak lanjuti. Email penjualan yang berhasil, menghasilkan sejumlah pesan
balik, telepon langsung, penjualan yang dapat diperhitungkan.
      
Selama bertahun-tahun, para direct marketer telah menetapkan beberapa
rumus favorit yang tampaknya berhasil. Berikut ini adalah lima rumus favorit saya.

1. Ceritakan sebuah kisah.
  
     Perhatikan bahwa banyak dari email penjualan yang Anda terima mengikuti
metode ini.
       
Sangat sulit menahan diri untuk tidak membaca sebuah kisah orang lain yang
khususnya terdengar mirip dengan situasi yang kita alami. Orang-orang menyukai
kisah-kisah sukses bahkan gossip seperti acara TV "Eko nge-gosip".
       
Apalagi kisah tersebut memberi tahu kita caranya memperoleh kesuksesan
untuk diri kita senadiri.

2. Surat dari Direktur.

Orang-orang merespek tulisan dari pemimpin perusahaan. Hal ini
meminjamkan wewenang kepada pesan tersebut dan membuat pembaca merasa
penting. Hal tersebut adalah sebuah cara yang bagus dalam menjual.
       
Rumus ini juga dapat digunakan untuk memberitahu pembaca mengenai
informasi di dalamnya.

3. Tawarkan sesuatu yang gratis.

 Bisa jadi berupa kunjungan gratis atau diskon dari toko atau kantor Anda.
Seorang dokter yang tinggal disamping jalan rumah saya menarik pasiennya dengan
mengirimkan ratusan kartu pos yang menawarkan "diskon 10% untuk kunjungan
pertama".

Prospek yang tertarik kepada produk atau jasa Anda akan lebih menghargai
penawaran selanjutnya. Tawarkan dalam bentuk Special Report, brosur, atau booklet.
  
4. Ajukan pertanyaan. "Apakah hari-hari Anda begitu menjengkelkan dan
membuat frustasi?
"
       Ini adalah psikologi kuno yang bagus. Pada saat Anda mengajukan
pertanyaan, pembaca terdorong untuk menjawab pertanyaan tersebut. Hal ini
melibatkan pembaca secara mental ke dalam email penjualan dan penawaran Anda.
      
 Beberapa ahli mengatakan untuk mengajukan serangkaian pertanyaan yang
menuntun resipien agar-agar masing-masing menjawab “ya”. Kemudian pertanyaan
terakhir yang menyuruh pembaca untuk menjawab “ya” untuk suatu transaksi atau
“deal” bisnis.

5. Tunjukkan masalah yang sedang dihadapi oleh prospek.
       
Hal ini adalah metode promosi klasik. Perhatikan hal ini dalam pemasaran dan
iklan dimanapun. Arahkan perhatian para pembaca kepada masalah, kemudian
buatlah masalah tersebut tampak buruk. Sewaktu Anda telah menetapkan masalah
sebagai rintangan utama dalam kehidupan pembaca, perkenalkan jasa atau produk
Anda sebagai solusinya.

Tulislah subject email untuk merebut perhatian
     
Kebanyakan email penjualan dimulai dengan sebuah headline yang langsung
mempersembahkan poin utama. Subject bisa ditulis sedemikian rupa agar
menggugah secara emosional:
 
Juga selain itu ingat, dalam menyapa tidak cukup sekadar menulis :
Hallo….,
 
Halo ke siapa? Agar menggigit sebutkan NAMA MEREKA, sebaliknya daripada "Hallo
Teman," atau "Hallo Para Orang Tua," "Hallo Pencinta Bola Basket," "Hallo Pemilik
Mobil."
 
kedengarannya TERLALU umum, bukan?
 
Tentu dalam hal ini Anda membutuhkan Sistem yang dapat mempersonalisasi setiap
calon pembaca Anda, sebaliknya daripada "Copy & Paste", lihat topik tentang
http://www.bjoconsulting.com/mesin_emarketing.htm.
 
Termasuk juga tambahan yang disebut N.B. atau P.S. pada akhir surat Anda. Studi
menunjukkan bahwa kebanyakan pembaca langsung melompat ke N.B. sebelum
membaca yang lainnya! N.B. harus dengan singkat mengemukakan kembali pokok
utama penawaran anda.
 
Akhirnya, tekankan manfaat daripada fitur. Bagaimana manfaat jasa atau produk
kita meningkatkan kualitas hidup, pekerjaan, atau dompet kastemer.
 
Manfaat dari penawaran Anda mungkin jelas bagi Anda, namun jangan serahkan
pada pembaca untuk mencari tahu sendiri, tidak peduli sejelas apa tampaknya
 
pengetahuan mereka terhadap jasa atau produk Anda. Tekankan manfaatnya.
Hubungkan mereka pada fitur dari penawaran anda.
       
Email penjualan dapat menjadi sarana pribadi yang luar biasa untuk
memperkenalkan orang-orang kepada produk, jasa, organisasi, atau ide Anda.
Dengan menggunakan beberapa ide dan rumus yang telah saya sebutkan di atas,
Anda dapat membuat email penjualan yang sangat emosional yang membuahkan
hasil..
  
Membuat dan mengirim brosur email berformat .HTML
      
Email berbasis teks masih merupakan sarana komunikasi yang paling populer,
akan tetap dengan adanya format email berbasis .html, kita bisa membuat email
yang menarik yang berisi gambar-gambar, sekaligus link yang dapat diklik dan
bahkan menggunakan formulir interaktif.
       
Email .HTML memiliki tampilan yang mirip dan sama dengan halaman web.
Dengan demikian foto-foto pun dapat dimasukkan.
Menariknya email .html ini membuka jalan bagi digunakannya e-brosur dalam
mempromosikan suatu produk atau bisnis ke target prospek yang memintanya
sebaliknya daripada memfakskan brosur yang tidak memberikan hasil "what you fax
is what they get", artinya Anda memfakskan brosur berwarna, namun hasil yang
diterima hitam-putih.
       
Mengapa pas teknik ini, mengingat hampir semua perusahaan sudah memiliki
email, dan memang sekarang sudah muncul mesin faks yang dapat menerima hasil
faks yang berwarna, namun kendalanya adalah mesin pengirimnya harus sama,
karena tidak kompatibilitas kalau mesinnya berbeda.
Beberapa perusahaan di Indonesia juga sudah menerapkan email .html untuk
brosur-brosurnya mereka sebaliknya daripada mereka memfakskan brosur mereka
ke prospek.
     
Minta info di sini, untuk mengetahui beberapa perusahaan di Indonesia yang
menggunakan brosur email dalam pemasaran produk-produk mereka berikut
komentar mereka ke email: marketing@bjoconsulting.com
      
Jadi sering kali digunakan sebagai sarana yang berharga dalam kampanye
pemasaran langsung. Yang jelas langsung dapat dilihat di bagian preview-nya dan
bukan dalam bentuk attachment, yang membuat orang malas untuk membukanya.
       
Sekarang popularitas email .HTML sudah melebih dari popularitas email
berbasis.txt.
      
Di Indonesia sendiri, 92% pengguna email mendukung email .html,
mengingat juga kebanyakan dari mereka menggunakan sistem OS berbasis microsoft.

Kalaupun mereka menggunakan email gratisan, seperti yahoo.com dan
hotmail.com maupun penyedia email gratisan yang berbasis Indonesia seperti
telkom.net atau plasa.com mereka pun support dengan email .html..

Sekarang kita lihat dulu manfaat dengan memanfaatkan brosur email dalam
promosi bisnis kita :

  • Menarik mata
     
  • Grafik, foto, ikon, link yang dapat diklik, huruf-huruf yang berbeda, formulir
    interaktif dapat dimasukkan ke dalamnya.
     
  • Lebih interaktif dengan pelanggan Anda
     
  • Kebanyakan digunakan oleh para pemasang iklan, dan bagi konsumen yang
    koneksi internetnya menggunakan bandwidth yang lebih bagus, pasti mereka
    tidak keberatan untuk menggunakan brosur email.
     
  • Tampilan iklan terlihat lebih efektif
     
  • Hampir kebanyakan program email support .html (mis : Outlook Express, Outlook, Eudora, Netscape Communicator, Hotmail, Rocketmail, AOL, Yahoo,Web TV).
Bagaimana membuat email .html?
 

1. buka program editor .html seperti MS FrontPage, Dreamweaver (bisa juga pakai
   MS Word 97 atau 2000 tetapi umumnya kurang bagus) untuk membuat email
   .html.
 

2. Gunakan URL lengkap untuk link-nya seperti : (mis : http://www.cintasejati.com/)
 

3. Grafik (seperti gambar, ikon, huruf-huruf yang menarik) harus disimpan ke dalam
   web server agar bisa tampil.
   Jika Anda tidak mau menggunakan grafik, Anda bisa tetap menggunakan kolom-
   kolom tabel yang berwarna
 

4. Beri nama dan save halaman yang sudah Anda buat (mis : cinta-brosur.htm).
 

5. Sekarang buka Email Software - misalnya pakai outlook express (karena ini yang
   paling populer) masuk ke create mail - insert - text from file - cari halaman brosur
   email yang telah Anda namakan tadi.
Yaa, siap Anda mengirimkannya.
 

6. Sebelum Anda kirimkan kepada mereka yang meminta, maka kirimkan dulu ke
   Anda sendiri atau rekan-rekan di perusahaan Anda sebagai tes apakah hasilnya
   sesuai?
   Kalau bisa kirimkan ke mereka yang memiliki program email yang berbeda-beda
   untuk memastikan bahwa mereka yang memintanya dapat membaca dan
   melihatnya secara utuh di komputer mereka.


7. Setelah Anda membuatnya, maka save itu sebagai template atau format standar
   brosur Anda dengan logo dan tampilan resmi korporat Anda.
   Nah sekarang kalau begitu Anda sudah bisa mengirim brosur ttg informasi produk
   lewat email Anda.


Poles subject di email anda agar resipien segera membaca email
anda!

      Bagian apa yang paling penting dari iklan Anda? coba lihat, bahwa
kebanyakan orang tidak membaca iklan, mereka hanya melihat sekilas saja. Kalau
pun mereka membaca, mereka hanya melihat satu hal, dan itulah yang
menggerakkan mereka untuk membaca lebih jauh.
 

Hal pertama orang membaca iklan adalah karena mereka membaca headline.
       

Dalam email, subject adalah headline. Itu artinya Anda harus
mengkomunikasikan hal yang sangat menggelitik dan memotivasi kepada mereka,
dan ini merupakan pekerjaan yang tidak mudah mengingat Anda harus bermain
dengan pilihan kata-kata tertentu dan harus singkat tetapi menggigit.
     

 Karena itu apa yang dapat Anda lakukan dengan pilihan kata-kata yang akan
menggigit perhatian si pembaca?
 

Berikut ini adalah tips yang dapat Anda lakukan :
 

* Berbicaralah langsung kepada orang yang diajak baca dengan menyapa mereka
"Anda" atau lebih baik namanya. Para pembaca umumnya tidak akan tersentak
sampai mereka mendapati sesuatu yang mereka baca atau rasakan ditujukan
Padanya langsung.
 

** Tawarkan sesuatu yang sifatnya tidak mengikat di bagian headline. setelah itu
mereka pasti akan terus membaca seterusnya untuk mendapatkan hal yang Anda
tawarkan.
 

*** Gunakan statistik dan hendaklah spesifik.

Strategi dan Trik promosi Bisnis di Internet Artikel Tentang Email Marketing Thanks sudah membaca dan Mudah Mudahan informasi nya bisa membantu anda.



 








                                                              





 




 



2 comments:

  1. Water Hack Burns 2lb of Fat OVERNIGHT

    More than 160,000 women and men are hacking their diet with a simple and SECRET "liquids hack" to burn 2lbs each and every night while they sleep.

    It is painless and it works with everybody.

    Just follow these easy step:

    1) Go get a glass and fill it with water half the way

    2) Now use this proven hack

    so you'll become 2lbs skinnier in the morning!

    ReplyDelete
  2. Best Casino in Atlantic City, NJ - Mapyro
    A 문경 출장샵 casino near 파주 출장안마 the Boardwalk. Casino. Near Boardwalk. Casino. Boardwalk. Boardwalk. Boardwalk. Boardwalk. 이천 출장샵 Boardwalk. Boardwalk. Boardwalk. Boardwalk. Boardwalk. Boardwalk. Boardwalk. Boardwalk. 광양 출장안마 Boardwalk. 전주 출장샵 Boardwalk

    ReplyDelete