Di awal menjalankan bisnis online… alangkah enaknya jika kita bisa mempunyai gambar besarnya terlebih dahulu sebelum melangkah dan kemudian babak belur, karena tidak mempunyai peta jalan.
Gambar Besar menurut pengalaman saya dan orang-orang yang sudah sukses sangat amat penting. :)
Alasan kenapa saya di tahun-tahun awal tidak langsung ngebut dan menghasilkan banyak keuntungan adalah karena tidak adanya “Gambar Besar” ini.
Jadi saya sangat anjurkan anda untuk mencari Gambar Besar bisnis online, sebelum anda memutuskan untuk ngebut di bisnis online.
Nah dari apa yang saya jalankan selama ini, dan apa yang saya pelajari dari yang terbaik, maka Gambar Besar langkah sukses bisnis online adalah 5 hal ini:

1. Temukan pasar yang lapar di internet.
Internet adalah sebuah pasar yang sangat besar, karena dengan bahasa Indonesia saja, minimal ada 35 juta orang yang sudah menggunakan internet. Tetapi, tentu saja tidak semua dari 35 juta orang ini adalah pasar anda.
Anda harus mencari sebuah pasar yang lapar yang sedang tertarik dan ingin membeli jawaban atas masalah mereka.
Datang kepada mereka dengan membawa produk yang anda pikir akan mereka inginkan adalah kesalahan sebagian besar orang di Internet.
Memilih pasar perlu banyak melakukan riset mengenai apa yang banyak dicari orang di Internet.
 
2. Temuakan produk / Ciptakan produk.
Jika belum bisa membuat produk sendiri, kita bisa menjualkan produk orang lain. Ada banyak orang yang bisa menciptakan produk di Internet, nah tugas kita adalah mencari, dan kemudian menjualkan produk tersebut kepada pasar yang lapar yang menginginkannya.
Tanpa produk, tidak akan terjadi penjualan, dan tanpa penjualan tidak akan ada keuntungan, sesederhana itu.
 
3. Datangkan banyak kunjungan dan jadikan mereka pelanggan setia.
Dengan produk di tangan yang bisa anda tawarkan kepada pasar yang lapar, maka satu tugas anda kemudian adalah mendatangkan banyak kunjungan ke produk dan jasa anda/orang lain tadi, dan kemudian menjadikan mereka pelanggan seumur hidup.
Karena, keuntungan yang besar tidak di dapatkan dengan melayani orang hanya sekali melainkan melayani mereka berkali-kali seterusnya.
Oleh karena itu, kita harus membuat produk yang bagus, dan tentu membangun daftar nama, sehingga kita bisa menjuali dan menawarkan kepada daftar nama kita produk-produk selanjutnya.
 
4. Ciptakan produk lanjutan yang lebih mahal (backend).
Setelah bisa membuat produk sendiri, anda bisa membuat atau menemukan produk orang lain yang lebih mahal untuk ditawarkan kepada daftar nama/pelanggan anda. Keuntungan anda akan semakin membesar. Dan anda mempunyai banyak penawaran untuk ditawarkan.
 
5. Duplikasikan 4 langkah diatas untuk produk yang lain atau pasar yang berbeda.
Sederhana bukan? Jika anda sudah tahu gambar besarnya, maka menjalankan bisnis di Internet akan menjadi jauh lebih mudah dan simple.
Fokuslah kepada bagian-bagian diatas, belajar melakukan riset pasar, selalu berpikir apa yang banyak diinginkan oleh orang yang sesuai dengan passion anda, apa yang banyak dicari orang dimana anda mempunyai minat dibidang tersebut.
Bukankah enak jika anda bisa menjadi penyedia dari apa yang banyak diinginkan orang dibidang anda.
Lalu buat/temukan produk yang akan memuaskan keinginan mereka. Dan datangkan banyak kunjungan ke produk anda/orang lain tadi, terus tawarkan mereka dengan produk-produk berikutnya serta jadikan mereka pelanggan.
Dan kemudian duplikasikan untuk pasar atau bidang yang berbeda ataupun produk-produk yang berbeda.
Bagaimana menurut anda?