bYgtU607MamAfUSJI7TW8JHZDEY

Saturday, July 27, 2013

Memulai Bisnis Online dengan Blogspot

Saya tidak akan membahas apa itu bisnis online, tetapi saya hanya akan menekankan bagaimana cara memulai bisnis online menggunakan blogspot (blogger.com). Apakah bisa menghasilkan uang (baca: dollar) menggunakan layanan blogspot? Jawabnya adalah BISA! Blog ini adalah salah satu contoh nyata dari sekian banyak blog dengan platform BLOGSPOT yang telah, pernah dan masih menghasilkan recehan dari dunia maya.
Jadi, jika Anda termasuk blogger matre pemula yang kekurangan modal dalam memulai make money online with blog (saya termasuk kelompok ini), maka blog gratis dari blogger.com sudah cukup untuk mengawali karier Anda di ranah blogger matre! Bagaimana caranya?
Sebelumnya, pilihlah dulu, atau minimal pelajari dulu jenis program penghasil dollar mana yang hendak Anda tekuni. Setelah itu mulailah membayangkan dan menentukan “genre” apa yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan Anda.
Agar Anda tidak bingung, secara garis besar program make money online akan saya bagi menjadi dua kelompok, yaitu program yang membutuhkan TRAFFIC (selanjutnya saya sebut Blog Traffic) dan kelompok satunya adalah program yang membutuhkan PAGERANK (selanjutnya saya sebut Blog PR).
Adapun program yang membutuhkan traffic atau jumlah pengunjung antara lain: PPC (AdSense dan sejenisnya), CPM, CPA, Afiliasi dan masih banyak lagi. Sedangkan program yang membutuhkan PR antara lain jualan link dan paid to review (PTR).
Nah, setelah Anda menetapkan “mau dibawa kemana” nasib blog Anda kelak, akan semakin jelas apa-apa saja yang harus Anda lakukan selanjutnya. Yang pasti langkah awalnya sama, yaitu membuat blogspot Anda segera terindex SE (dalam hal ini adalah Google, syukur-syukur bisa sekaligus Yahoo dan Bing).
Berikut ini adalah beberapa tips agar blog Anda cepat terindeks di tiga mesin pencari terbesar tersebut:
Setelah blogspot Anda terindeks, jangan buru-buru mencekoki dengan backlinks. Biarkan semuanya berjalan secara alami (natural), dan sekali lagi ingat.., JANGAN tergesa-gesa. Mulailah dengan mengisi blogspot Anda dengan konten yang berkualitas (usahakan English yach biar peluangnya lebih besar). Eits.., tunggu dulu! Di sini terdapat perbedaan jenis konten blog Anda. Blog PR bisa Anda isi konten apa saja asal unik dan berbobot. Sedangkan Blog Traffic, Anda harus membiasakan mengisi blog dengan konten yang menarik, karena tujuan utamanya adalah menarik pengunjung sebanyak mungkin. Baik itu blog dengan niche khusus atau pun blog gado-gado untuk nembak keyword yang sedang hot, pastikan konten Anda benar-benar unik, fresh dan menarik.
Beberapa tema yang bisa dimanfaatkan untuk Blog Traffic antara lain: Google Trends, Gosip atau Issue terbaru, Berita Olahraga, Berita Aneh, berita dunia hiburan (entertainmen) dan masih banyak lagi. Karena tujuan selanjutnya dari trafik yang Anda hasilkan adalah konversi klik iklan (misal PPC), maka Anda sebaiknya menghindari beberapa tema berikut ini seperti Blogging, SEO, Make Money Online dan sejenisnya. Memang konten jenis ini banyak yang mencari, tetapi mayoritas pembacanya adalah para blogger matre seperti saya dan Anda, yang tentunya hampir mustahil meng-klik iklan blogger lain, dengan alasan tahu bahwa “itu” adalah iklan, dan alasan lain adalah kode etik atau etika. Kenapa saya katakan ETIKA? Yup.., karena bisa saja klik yang kita lakukan akan dianggap CLICK FRAUD (apalagi kalau kita menuju blog yang bersangkutan secara langsung tanpa melalui SE terlebih dahulu). Sebagai blogger matre yang baik tentunya tidak ingin merugikan blogger lain, bukan?!
Jika sampai disini Anda sudah memahami, maka langkah memulai bisnis online sudah Anda pegang. Tinggal Anda tingkatkan ke langkah-langkah selanjutnya, yaitu mulai merawat blogspot, memupuk blog dengan backlinks, hingga Anda mampu menghasilkan recehan dari blogspot (silakan Anda cari di Google, karena saya yakin semua itu sudah dibahas oleh para master dan senior Anda).
Mungkin Anda kecewa membaca tulisan saya ini. Kelihatannya panjang namun ternyata tidak berbobot. Whatever, inti yang ingin saya munculkan dari wacana beberapa paragraf di atas adalah, bahwasanya, bisnis online itu bukan monopoli blogger kalangan tertentu, bukan pula monopoli blog dengan platform tertentu. Semua memiliki kesempatan yang sama. Tinggal bagaimana Anda menjalankan dan mengusahakannya.
Jika Anda belum mampu membeli dot com juga hosting pribadi, jangan berkecil hati kawan. Banyak jalan mengais recehan. Namun perlu diingat.., bisnis online bukanlah pekerjaan mudah, seperti membalik telapak tangan. Sebulan, dua bulan, tiga bulan belum menghasilkan apa-apa itu adalah hal yang sangat-sangat biasa dan LUMRAH. Teruslah belajar, berusaha dan berdoa, karena kesuksesan dan keberuntungan itu hanya akan menghampiri manusia yang mau belajar, mau berusaha (ikhtiar), mau berdoa.. dan mau bersyukur.

1 comment:

  1. There is an incredible new opportunity that is growing in popularity online.

    Large companies are paying people for simply sharing their opinions!

    You can earn up to $75 per survey!

    And it is open to anybody in the world!

    ReplyDelete